Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses
pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas
kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian
ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan
empat tahunan.
Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala
madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga
Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala
madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun
2019.
Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai
berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama
kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya
meliputi Usaha pengembangan madrasah, Pelaksanaan tugas managerial, Pengembangan
kewirausahaan, Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan Hasil kinerja
kepala madrasah. Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai
setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala
madrasah) dinilai empat tahun sekali.
Penilaian kinerja kepala madrasah MTs Bandar Alim
Jungpasir Tahun 2022 dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Februari 2023, bertempat
di Aula MTs Bandar Alim Jungpasir. Pelaksanaan kegiatan PKKM Tahunan ini dilakukan
oleh Tim Penilai dari Pengawas Madrasah, yaitu Bapak Muhammad Shofyan, M.Pd.,
M.Sc. dan Bapak Moch. Kharis, S.Ag., M.Pd.I.
Kegiatan dibuka dengan membaca Surat Al-Fatihah dan
menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Selanjutnya acara sambutan
dari Kepala Madrasah dan Ketua Tim Penilai. Acara selanjutnya kegiatan inti
yaitu Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, yang meliputi Usaha Pengembangan
Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, dan Pelaksanaan
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan. Acara terakhir refleksi penilian
dilanjutkan penutupan dan ramah tamah. Semoga mendapat hasil yang memuaskan dan
menunjukkan hasil kinerja yang terbaik. Aamiin.